Sabtu, 15 Oktober 2011

Resume part 4-5



Membangun KBS denganSistem Berbasis Aturan

Kali ini membahas langkah demi langkah membangun sebuah knowledge-based system KBS) dengan menggunakan sistem b erbasis aturan yangtelah dibahas dalam Bab. 3. Sebagai contoh permasalahan akan diambil kasus pada Health Maintenance Organization (HMO) seperti didokumen-tasikan dalam Dologite(1994). HMO adalah sebuah organisasi yang memb erikan layanan kesehatan bagi anggotanya, misalnya layanan p engobatan, layanan panggilan ambulan dsb. Setiap anggota telah membayar semua biaya secara pre-paid. Untuk menjamin bahwa masalah kesehatan serius akan mendapatkan prioritas layanan, seorang mana jer telah menempatkan seseorang untuk  melakukan screening awal terhadap pasien. Screening dilakukan dengan cara berkonsultasi dengan Sistem Pakar untuk menentukan status dan jenis layanan yang tepat bagi pasien.

Langkah-langkah Membangun KBS
LANGKAH 1: Isolasi area bagi KBS
Untuk membatasi p ermasalahan pada sistem pakar yang akan diban-gun harus dib erikan batasan organisasi dan juga layanan yang dapat diberikan oleh sistem. Sebagai contoh, untuk sistem HMO, batasan struktur organisasi dan layanan ditunjukkan dalam Gambar 4.1

LANGKAH 2: Target Keputusan
Setelah permasalahn dibatsi, langkah selanjutnya adalah menentukan target keputusan bagi sistem pakar. Pasien pada umumnya membu-tuhkan bantuan untuk kasus penyakit yang baru diderita (new case) atau p enanganan berkelanjutan dari penyakit yang sudah lama diderita (follow-up case). Atau mungkin juga pasien yang lain hanya membu-tuhkan informasi atau layanan lain, sedangkan mereka yang bukan meru-pakan anggota akan diarahkan untuk ikut serta dalam keanggotaan HMO ini. 
Karena itu dapat ditentukan 3 hal yang menjadi faktor utama yang menentukan target keputusan (Lihat Gambar 4.2), yaitu:

• HMO status: Bagaimana status keanggotaan dari pasien? Deklarasi keanggotaan dari pasien akan diikuti dengan validasi nomor id.
• Reason: Apa alasan datang ke HMO? Apakah new case, follow-up case, information seeking atau other visit?


Blok diagram organisasi dan layanan HMO



• Problem: Bagaimana keseriusan dari kondisi pasien sekarang? Dalam hal ini dapat diidentikasi dari temperature dan symptom yang lain.

LANGKAH 3: Membuat Dependency Diagram (Diagram Ketergantungan)
Dependency Diagram dibuat seperti ditunjukkan dalam Gambar 4.3.

LANGKAH 4: Membuat Tab el Keputusan
Tabel keputusan diturunkan dari dependency diagram pada Gambar 4.3. Karena dalam gambar tersebut terdapat tiga segitiga, maka akan terdapat 3 tabel keputusan. Tab el keputusan untuk Set 1 (Rule 1-5) adalah sebagai berikut:


Blok diagram target keputusan HMO






LANGKAH 5: Menulis IF-THEN Rule
Selanjutnya, berdasarkan tabel keputusan yang telah direduksi dapat diturunkan sistem berbasis aturan seperti ditunjukkan di bawah ini:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

<> alert("Assalamualaikum ......... ((^_^))");